Jumat, 15 Mei 2009

ASI Baik untuk Jantung Ibu Menyusui

Tak ada yang bisa menandingi kehebatan dan kelebihan ASI, baik untuk si ibu juga untuk si anak. Menurut sebuah studi yang dilaporkan oleh Reuters (28/4), ketika ibu menyusui bayinya hingga berumur 1 tahun, ada nilai tambah bagi kesehatan untuk si ibu dan si anak.

Dalam studi yang dilaporkan tersebut, para peneliti menemukan bukti bahwa durasi menyusui ASI kepada bayi bisa menurunkan risiko ibu terkena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit kardiovaskular setelah ia menopause.

Penemuan ini dilaporkan dalam jurnal medikal Obstetrics dan Gynecology. Data didapat dari penelitian terhadap 140.000 ibu yang menyusui ASI kepada bayinya.

Menurut dr Eleanor Bimla Schwarz dari University of Pittsburgh, manfaat dari menyusui ASI terhadap faktor risiko penyakit kardiovaskular bergantung pada jumlah takarannya. Jadi, semakin lama durasi menyusui ASI-nya, makin baik manfaatnya.

Wanita yang menyusui ASI kepada anaknya lebih dari 12 bulan secara signifikan tak memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung ketimbang ibu yang tak memberikan ASI kepada bayinya.

Schwarz dan para koleganya berspekulasi bahwa memberikan ASI memiliki manfaat lebih dari sekadar mengurangi simpanan lemak si ibu dan efek penurunan risiko terkena serangan jantung bisa jadi timbul akibat efek hormonal dari pemberian ASI.


NAD
Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar