Minggu, 10 Mei 2009

Tips membentuk tulang kuat

Brierley Wright, M.S., R.D., associate editor majalah EatingWell yang juga master lulusan Nutrition Communication dari Friedman School of Nutrition Science and Policy, Tufts University, memberikan 3 tips untuk membentuk tulang yang kuat:

1. Lakukan latihan yang memompa aliran darah untuk kesehatan jantung dan seluruh tubuh, seperti berjalan kaki, jogging, angkat berat, atau permainan yang menggunakan raket. Melompat, berlari, atau mengangkat beban, akan memberi tekanan pada tulang, yang mengirim sinyal untuk membangun sel-sel baru yang dapat menguatkan tulang.

2. Beberapa penelitian menyarankan agar orang yang berusia lanjut mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Salah satu alasannya, buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan potasium; sayuran berwarna hijau umumnya mengandung magnesium dan vitamin K. Ketiga nutrisi ini yang penting untuk memelihara tulang yang sehat.

3. Jauhi minuman bersoda, karena penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis soda melemahkan tulang. Penyebabnya adalah asam fosforik, yang ada pada minuman cola. Ketika tubuh memecah senyawa ini, keasaman darah meningkat. Untuk menetralisasi keasaman, ion hidrogen mengikat mineral, termasuk kalsium dan magnesium. Jika kedua mineral ini tidak tersedia dalam darah, tubuh akan menyerap kalsium dari tulang. Namun, tenang saja. Risiko ini hanya akan dialami oleh orang yang minum minuman ber-cola setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar